Rumah Kemanusiaan Latih Relawan Tanggap Atasi Bencana



Moslemzone.com - Rumah kemanusiaan mengadakan kegiatan Perkenalan Dasar Relawan pada hari minggu, 22 Januari 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur (BUPERTA) dengan Tema “ Urgensi Manusia Menjadi Relawan Sejati”

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ingin terjun di dalam dunia relawan .

Rumah Kemanusiaan hanya beranggotakan 10 orang yaitu Muslimin, Muqimmudin, Neneng Kurnia, Asep Kurniawan, Krisna, Fajar, Purwito Urip Cahyadi, Erlisa, Siti Sholeha, Hendra. Dimana dari kami mempunyai kemampuan masing-masing.

Acara dimulai dari pukul 08.00 wib sampai 16.00 wib, Antusias luar biasa dari para peserta yang ikut dalam kegiatan ini,

Acara pertama dimulai dengan sambutan dan memperkenalkan Rumah Kemanusiaan yang di sampaikan oleh Muslim dan Muqimmudin.          

Kemudian dilanjutkan dengan materi pertama oleh Ahmad Zaki (Founder Gerak Bareng), beliau memberikan semangat kepada para peserta, bahwa menjadi relawan kita bias bergerak bersama sesuai dengan bentuk organisasinya dan bias bersinergi ketika di lapangan.

Materi ke dua diisi oleh Aulia Ibnu (Founder Petualang Muslim), beliau membicarakan prosedur dan kemampuan relawan sesuai keahlian masing-masing ketika di turunkan ke lapangan.

Materi ke tiga diisi oleh Dr. Ekasakti Octohariyanto, MpdKed , beliau mengajarkan kepada para peserta cara pertolongan pertama pada korban, dan semua peserta pun mengikuti instruksi dan mempraktekan apa  yang di sampaikan oleh Dr. Ekasakti Octohariyanto, MpdKed.

Materi ke empat diisi oleh Asep Kurniawan, beliau memberikan penjelasan tentang recovery pasca bencana, dari pencarian dana, logistic sampai dengan pembangunan akibat kerusakan yang di sesbabkan oleh bencana

Materi ke lima diisi oleh Neneng Kurnia , beliau biasa menangani untuk Trauma Healing , dan memberikan sedikit cerita tentang memperikan trauma healing kepada korban , baik itu orang tua maupun anak-anak.

Setelah semua materi selesai di sampaikan, dan peserta telah selesai melaksanakan istirahat, acara di lanjutkan dengan pembagian kelompok untuk memasukin Pos yang di siapkan oleh tim dari rumah kemanusiaan.

Pos tersebut terdiri dari :

Pos 1 , Melakukan Basic life Assesment, dimana setiap kelompok tersebut di berikan simulasi berada di dalam kondisi bencana alam dan peserta di tugaskan mencari data informasi kepada pihak warga sekitar dan pemda setempat dengan terhalangnya bahasa komunikasi yang berbeda.

Pos 2 , Melakukan Trauma Healing, dimana setiap kelompok di bagi tugas menjadi Orang tua yang trouma, anak kecil yang trouma dan pembimbing yang menangani korban trauma tersebut.

Pos 3, Media Informasi , dimana setiap kelomppok di tugaskan membuat berita bencana alam untuk di publish kesemua orang dan akan di muat di beberapa media informasi.

Editor: Zakarija Hidayatullah
Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment