Kondisi Muslim Aleppo Kian Menyedihkan, Umat Islam Wajib Menggalang Dana

Dr. Tiar Anwar Bachtiar.
Moslemzone.com - Mantan ketua umum pemuda Persatuan Islam (PERSIS), Tiar Anwar Bachtiar bersama Sahabat Al-Aqsha mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Turki. Tiar menjelaskan kondisi Aleppo yang saat ini sudah dikuasai rezim Bashar Assad.

Hal itu disampaikannya saat ditemui di gedung Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) di Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12/16) pagi.

"Ini sebetulnya adalah target untuk penguasaan Aleppo sepenuhnya oleh rezim Bashar Assad, yang sebelumnya kawasan itu dikuasi oleh mujahidin," ungkapnya.

Tiar mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat Suriah sudah meninggalkan wilayah tersebut.

"Masyarakat di Syiria sudah mulai meninggalkan kawasan untuk mengungsi," tuturnya.

Terhitung, kata Tiar, jutaan pengungsi Suriah sudah menyebar di perbatasan Turki, termasuk mereka yang Sunni.

"Sekarang diperbatasan Turki menyebar diseluruh kawasan itu, lebih dari tiga juta pengungsi syiria terutama mereka yang Sunni," jelasnya.

Presiden Turki yakni Erdogan menjamin tempat dan keamanan bagi pengungsi Suriah,  lanjut Tiar.

"Erdogan menampung mereka dengan membuat kampung baru yang tadinya sepi, memberikan keamanan dan kehidupan baru para pengungsi Syiria," papar Tiar yang baru saja datang dari Turki, Kamis (17/12/16) malam.

Sebagai saudara, lanjut Tiar, umat Islam Indonesia dapat membantu meringankan beban pengungsi Suriah terutama dengan sedikit dana.

"Umat islam di Indonesia, kewajiban kita harus membantu mereka terutama mereka yang yatim, kehilangan pekerjaan. Kita harus bantu semampu kita, terutama yang penting adalah memberikan sedikit dana untuk meringankan beban mereka," harapnya.

Reporter: Ali Muhtadin
Editor: Zakarija H
Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment