Islamic Worldview Harus Dimiliki Ilmuan Muslim

Tipografi Worldview. Sumber foto www.tedschroder.com

Moslemzone.com - Salah satu penelitian Insists, Dr. Tiar Anwar Bachtiar menjelaskan mengenai konsep Islamic worldview yang sebenarnya sudah lama diterapkan oleh ulama terdahulu. Demikian disampaikan saat mengisi Sekolah Sejarah & Peradaban Islam (SSPI) di Gedung Menara Dakwah Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12/16).

"Islamic worldview itu sebenarnya baru, maksudnya realitasnya sudah lama, ya inilah yang dulu dipraktekkan oleh para ulama," jelasnya.

Ulama yang disebut sebagai pewaris Nabi, lanjut Tiar, segala tingkah lakunya harus sesuai dengan cara pandang Islam pada umumnya.

"Oleh karena itu ulama itulah yang akan menjadi pewaris Nabi. Maka dari itu, ulama yang perilakunya tidak baik malah ditolak," ungkapnya.

Bercontoh pada konsep penyampaian hadits yang sangat ketat persyaratannya, Tiar menjelaskan bahwa ulama saat ini harus memiliki Islamic worldview dalam memandang apapun.

"Bahkan dalam takhamul hadits persyaratannya sangat ketat, maka islamic worldview ini harus dimiliki ilmuan muslim saat ini," jelas Tiar.

Melihat realitas mahasiswa saat ini,  Tiar yang juga merupakan pakar sejarah ini menyayangkan sikap mahasiswa Islam yang perilakunya jauh dari cara pandang Islam.

"Mahasiswa jurusan tafsir tapi malemnya ke tempat dugem itu ada, nah ini yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan," tegasnya.

Karenanya, jika tradisi tersebut terus berkembang, lanjut Tiar, tidak akan lahir ulama dengan integritas tinggi di masa mendatang.

"Kalau tradisi ini berkembang maka tidak akan lahir ulama, dia tidak integrity dalam perilaku," pungkas tiar yang juga tercatat dalam susunan kepengurusan Pimpinan Pusat (PP) Pesatuan Islam (PERSIS).

Reporter: Ali Muhtadin
Editor: Zakarija
Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment