Baku Tembak Di Aleppo Timur, Kondisi Korban Semakin Genting

Gambar yang disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia Ramouseh yang menyeberang untuk mengevakuasi korban luka wilayah Aleppo Timur. (Al Jazeera)
Moslemzone.com - Para penanggung jawab musyawarah mengatakan bahwa oposisi bersenjata menewaskan beberapa orang dan menyebabkan empat tentara cedera. Tak hanya itu, mereka juga menembaki sebuah kelompok yang berada di mobil ambulan, Sedang didalamnya terdapat kumpulan korban luka yang telah dikepung oleh para oposisi bagian Timur Aleppo.

Koresponden Al-Jazeera Raafat al-Rifa’i melaporkan dari Gaziantep, bahwa para pasukan rezim terganggu dengan adanya pemindahan kelompok yang terluka dari wilayah tersebut.

Dia mengatakan bahwa insiden itu terjadi setelah kelompok yang terluka dari Aleppo mendekati simpul Ramouseh, terdapat sniper menembak dari batas penghalang ketika kelompok Aleppo menuju penghentian tersebut.

Telah tercatat, bahwa suasana ketegangan dan kecemasan mengepung mereka setelah kejadian baku tembak. Sambil menunggu evakuasi korban luka, mereka melakukan kesepakatan gencatan senjata dan mengevakuasi warga sipil dan militan dari Aleppo yang sedang terkepung.

Disisi lain, reporter Al-Jazeera juga melaporkan bahwa baku tembak terjadi karena didahului penembakan intens di udara oleh pihak pemerintah sebelum datangnya kelompok korban luka. Namun sesungguhnya hal ini bertujuan untuk memprovokasi para pejuang oposisi dan menyebabkan gagalnya  perjanjian yang telah disepakati.

Aktivis media dari Aleppo Timur Sholah Al-Aqshar mengatakan bahwa anggota pertahanan sipil diserang ketika mereka mencoba melenyapkan pembatas yang dialokasikan untuk jalan keluar kelompok korban luka. tapi kejadian tersebut malah menyebabkan jatuhnya 4 korban luka, termasuk komandan pertahanan sipil Baybars Meshaal.

Dijelaskan pula bahwa proses evakuasi akan membutuhkan lebih dari 20 bus, dan sekitar 1000 orang akan dikirim menuju sekitar pedesaaan Barat Aleppo.

Penanggung jawab musyawarah juga menekankan perihal kesepakatan gencatan senjata di Aleppo, dan memberikan kehendak kepada warga sipil untuk memilih lokasi evakuasi, menuju utara pedesaan Aleppo melalui wilayah Turki atau menuju pedesaaan Barat Aleppo.

Reporter: Anggun Sukma F
Editor: Zakarija

Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment