Dr. Nirwan Syafrin: Tingkah Laku Seseorang Bergantung Kepada Worldview

Dr. Nirwan Syafrin. Fotografer Ali Muhtadin
Pakar Pemikiran Islam sekaligus wakil rektor Universitas Ibnu Khaldun Bogor yakni Dr. Nirwan Syafrin hadir sebagai pemateri Islamic Worldview dalam kegiatan Sekolah Sejarah & Pemikiran Islam di Aula Masjid Abu Bakar As-Shidiq, Cawang, Jakarta Timur. Dalam materi tersebut ia menjelaskan mengenai segala bentuk tingkah laku manusia bergantung pada cara pandang yang dimiliki.

“Segala tingkah laku kita tergantung pada worldview,  kalo kita tanya kenapa akhwat pakek jilbab,  ya karena itu cara pandang kita,” tuturnya, Sabtu (19/11/16) pagi.

Dalam worldview lanjutnya, Nirwan mengetakan bahwa agama memiliki peran paling penting di dalamnya.

“Worldview inilah yang akan mewarnai cara berfikir dan tindakan kita. Agama menjadi peran terpenting dalam Islamic Worldview,  bagaimana cara pandang seseorang dapat terbentuk melalui peran agama,” ujarnya.

Dalam Islamic Worrldview, terdapat beberapa konsep yang ada di dalamnya, salah satunya adalah konsep Tuhan, lebih lanjut Nirwan mengatakan bahwa Konsep Tuhan menjadi sentral dalam setiap agama.

“Konsep tuhan merupakan konsep sentral di setiap agama,  tidak terkecuali Islam. Konsep tuhan ini merupakan pondasi yang paling pokok dalam setiap agama. Orang yang percaya tuhan dan tidak percaya pasti berbeda,” ujar pria yang juga merupakan dosen di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Sebagai penjelasan, Nirwan mengungkapkan bahwa setiap orang yang percaya terhadap Tuhan, berarti ia juga percaya terhadap sesuatu yang tidak nyata.

“Kalo orang percaya sama Tuhan berarti dia percaya ada realitas yang lain selain realitas yang tidak terlihat,” pungkasnya.

Sekolah Sejarah & Peradaban Islam (SSPI) yang diadakan oleh Omah Peradaban tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari semua kalangan, baik dari kalangan mahasiswa maupun kalangan umum. (Ali Muhtadin)
Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment