Tips Food Photography Ala Teh Rika Ekawati




Foto Instagram @rikaekawati
Saat ini Food Photography atau Fotografi Makanan tengah digemari di kalangan masyarakat. Apalagi setiap orang sudah memegang peralatan kamera baik dari jenis kamera DSLR hingga kamera smartphone. Dengan banyaknya jenis kuliner di Indonesia dan wadah media sosial untuk saling berbagi, fenomena ini dimanfaatkan untuk mengeksplorer foto berbagai macam kuliner makanan yang dihidangkan.

Berikut ini terdapat tips-tips fotografi makanan dari teteh Rika Ekawati. Seorang ibu rumah tangga asal Bandung yang mempunyai passion di bidang fotografi makanan dengan mempunyai karakter yang khas antara detail dan warna dalam karya foto-fotonya.
  • Menggunakan lensa fix 35mm dengan bukaan diafragma antara 2 – 4. Lensa fix 35mm mempunyai sudut pandang yang proporsional, lebih tajam dan meminimalisir efek distorsi.
  • Teknik pencahayaan untuk obyek foto berasal dari cahaya alami atau cahaya yang ada disekitar obyek. Bisa juga menggunaan flash atau lampu untuk artificial light.
  • Komposisi tergantung dari produk atau obyek foto dengan menentukan tema yang akan diangkat, sehingga nanti dapat dipilih property yang berkaitan dengan obyek foto.
  • Perpaduan exposure (paparan pencahayaan di sensor kamera) dilakukan dengan setting manual. Sebab jam pengambilan foto, arah cahaya, intensitas cahaya, dan suhu semua dapat mempengaruhi hasil foto.
  • Mengambil foto dengan format RAW dan Fine, agar dapat dikoreksi jika terdapat beberapa kekurangan pada saturasi warna.

Berikut ini adalah foto foto makanan karya the Rika Ekawati. Dapat juga langsung di cek di akun Instagram @rikaekawati.
Instagram @rikaekawati
Instagram @rikaekawati
Jadi bagaimana kawan, berminat untuk mempelajari food photography? (ZH)


Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment