20 Tips Kesehatan dari ajaran Islam (Bag. 3)


Syariat Islam tidak hanya mengatur sisi spiritual kaum muslimin, tapi juga menyediakan garis aturan dalam hidup kesehariannya. Banyak dari sekian tips kesehatan yang akan dibahas berikut yang sudah dibuktikan secara ilmiah akan manfaatnya yang luar biasa.

Nah, berikut daftar 20 aturan dalam syariat Islam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan:

11.   Tidur siang beberapa saat.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam biasa meluangkan waktu untuk tidur siang sebentar setelah makan siangnya di samping juga menganjurkan sahabat-sahabatnya melakukan hal yang sama. Disebutkan dalam kitab Sunan Ath-Thabrani bahwa sahabat Anas menceritakan, “Ummu Sulaim biasa membentangkan selembar kulit untuk Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam lalu beliau tidur siang di rumah Ummu Sulaim di atas selembar kulit itu.”

Tidur siang dalam waktu yang singkat dapat menyegarkan organ-organ vital dalam tubuh termasuk hati dan otak.

12.   Shalat lima waktu.

Terlepas dari aspek spritualnya, pelaksanaan shalat 5 kali sehari pada waktu yang tertentu dapat menguatkan sisi-sisi rutinitas dalam hidup keseharian. Gerakan-gerakan dalam ritual shalat ini memberikan manfaat berupa suatu bentuk latihan ringan yang mampu menjaga aliran sirkulasi darah.

Termasuk pula aturan panjang pendeknya shalat juga memberi manfaat yang pas di mana shalat subuh yang hanya dua rakaat dilakukan saat perut masih dalam keadaan kosong, sedangkan shalat zhuhur dan ashar yang rakaatnya lebih banyak dilakukan saat perut sudah berisi, baik setelah sarapan ataupun makan siang yang memberikan sebentuk gerak latihan tubuh yang lebih panjang dalam rangka membantu pencernaan setelah porsi makanan berat.

13.   Berobat kepada ahli pengobatan.

Kitab Ath-Thibb dalam Sunan Abi Dawud menyebutkan salah satu sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam: “Berobatlah kalian, karena Allah tidak menciptakan penyakit kecuali telah Ia ciptakan pula obatnya selain satu penyakit, yaitu umur tua.”

Melanjutkan terapi selama dibutuhkan akan meningkatkan kemungkinan untuk sembuh sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi dan kematian serta meningkatkan kualitas hidup seorang pasien.

14.   Kompres demam menggunakan air dingin.

Penggunaan kompres dingin ataupun kantong es pada dahi pasien yang menderita demam ternyata mempunyai asal muasalnya dalam ajaran Islam. Dalam kitab Shahih Al-Bukhari disebutkan, “Demam itu dari panasnya neraka, maka dinginkanlah ia dengan air.”

Pada titik tertentu, naiknya suhu tubuh dapat mengakibatkan hal yang fatal, sedangkan penggunaan air dingin sebagai media kompres mampu menurunkan suhu tubuh ke titik normal dengan lebih cepat.

15.   Mengkonsumsi jintan hitam (Habbatus Sauda’).

Ajaran Islam menyatakan bahwa biji-biji jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan Habbatus Sauda’ sudah seharusnya masuk dalam asupan nutrisi harian. Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda, “Konsumsilah oleh kalian biji-biji hitam ini, karena di dalamnya ada kesembuhan untuk segala penyakit kecuali kematian.”

Baik dalam bentuk biji ataupun bubuk, Habbatus Sauda’ atau biji Kalonji ini mampu mengurangi obesitas, membantu pencernaan, mengatasi beberapa masalah kelainan dalam pencernaan, mengurangi tekanan darah dan juga cairan kelenjar yang berlebihan. Minyak Habbatus Sauda’ atau minyak Kalonji sudah terbukti efektif dalam mengurangi nyeri sendi ataupun inflamasi (pembengkakan).
Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Fatahillah

0 comments:

Post a Comment