20 Tips Kesehatan Dari Ajaran Islam (Bag. 2)


(image by shariaunveiled.files.wordpress.com)

Syariat Islam tidak hanya mengatur sisi spiritual kaum muslimin, tapi juga menyediakan garis aturan dalam hidup kesehariannya. Banyak dari sekian tips kesehatan yang akan dibahas berikut yang sudah dibuktikan secara ilmiah akan manfaatnya yang luar biasa.

Nah, berikut daftar 20 aturan dalam syariat Islam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan:

6.       Hidup bersih dan higienis.


(image by blog.ziffi.com)

Ajaran Islam menekankan kepada pemeluknya agar menjaga kebersihan badan dan pakaian. Imam Tirmidzi dalam kitab Adab menyebutkan satu riwayat lemah, “Sesungguhnya Allah itu baik, suka kepada yang baik, dan bersih, suka kepada kebersihan.”

Oleh karena itu membersihkan sampah dan membuangnya di tempat yang benar, mandi setiap hari, menjaga agar air kencing dan kotoran manusia tidak ada di ruang terbuka adalah suatu hal yang sangat dianjurkan bahkan ditekankan.

Kita bisa melihat dalam sejarah bagaimana Eropa sering ditimpa wabah penyakit di abad-abad pertengahannya karena mereka hidup tidak higienis hingga saat kaum muslimin masuk tanah Andalusia (Spanyol sekarang) dan memperkenalkan hidup bersih dan sehat.

Tidak memperhatikan hal ini akan memicu penyebaran serangga dan tikus-tikus penyebar penyakit.

7.       Menutup peralatan makan.


(image by housewifeofmumbai.blogspot.co.id)

Dalam menekankan pentingnya menjaga alat-alat makan dengan baik, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Ikatlah tempat penyimpanan air, dan tutupilah makanan dan minuman.” Tindakan ini akan mencegah kontaminasi akibat serangga ataupun cicak di samping menjaga makanan dari jangkauan kucing ataupun tikus di dalam rumah.

8.       Sunat (sirkumsisi).


(image by kalbaronline.com)

Islam mewajibkan semua pria muslim untuk disunat. Sesuai dengan apa yang dirilis toWebMD.com, sunat atau khitan mengurangi resiko infeksi sistem pembuangan urin, juga mengurangi resiko penyebaran penyakit seksual pada pria, mencegah kanker penis dan mengurangi resiko kanker serviks atau kanker rahim pada istri.

9.       Cebok setelah kencing dan buang air besar.


(image by images.malesbanget.com)

Berbeda dengan di dunia barat, ajaran Islam memerintahkan untuk membersihkan kemaluan dan anus dengan air setelah kencing ataupun buang air besar. Cara ini membantu menghilangkan secara tuntas kotoran-kotoran dan bakteri yang terdapat pada kotoran tersebut sehingga dapat mengurangi resiko infeksi.

10.   Larangan mengkonsumsi darah.


(image by ilmupengetahuan.org)

Cukup aneh memang bila darah yang mampu membuat kita bertahan hidup selama ia mengalir di pembuluh darah kita ini justru terbukti beracun jika ia masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Inilah sebabnya metode Dzabh (penyembelihan syar’i) yang dikenalkan Islam mengharuskan darah dikeluarkan dan dikuras habis dari tubuh hewan sembelihan sebelum ia dapat dikonsumsi.

Darah memang kaya akan zat besi, namun sistem pencernaan manusia tidak diciptakan Allah mampu mengatasi asupan zat besi dalam jumlah besar. Kelebihan asupan zat besi dapat menyebabkan kerusakan hati, meningkatnya cairan dalam paru-paru, dehidrasi, tekanan darah rendah dan sikap gugup yang berlebihan. (F4)

(bersambung)
Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Fatahillah

0 comments:

Post a Comment