Jangan Lupa, Ini Do’a Sebelum Berangkat Travelling

Foto ilustrasi www.pexels.com
Saat ini begitu banyak perusahaan jasa yang menyediakan pelayanan pariwisata ke berbagai tempat, baik ke destinasi wisata di Indonesia atau wisata-wisata ke luar negeri. Apalagi jika menjelang liburan akhir pekan atau liburan panjang, tentu kita perlu untuk melepaskan penat setelah melakukan rutinitas sehari-hari dengan bepergian travelling.

Di Indonesia sendiri kita akan mendapatkan beragam tempat yang sangat cocok untuk dijadikan  lokasi travelling, dari tempat-tempat yang memiliki banyak wahana, wisata tepian pantai, jalur pendakian puncak gunung dan yang lain sebagainya.

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa kepada-Mu, serta perbuatan yang Engkau Ridlai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jarak yang jauh kepada kami. Engkau adalah kawan dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga.”

Nah sebelum kita bepergian baik untuk travelling, backpacker, ekspedisi atau yang lain, jangan lupa bahwa dalam Islam terdapat do’a yang biasa dilakukan oleh Rasulullah sebelum beliau bepergian sebagai berikut;

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa kepada-Mu, serta perbuatan yang Engkau Ridlai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jarak yang jauh kepada kami. Engkau adalah kawan dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga.” (HR. Muslim)

“Memohon kebaikan dan takwa kepada-Mu,” maksudnya yakni agar perjalanan yang dilakukan penuh dengan keberkahan dan mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan serta agar selamat sampai tujuan dengan diiringi rasa takwa kepada-Nya.

“Perbuatan yang engkau ridlai dalam perjalanan ini,” karena terkadang seseorang dapat tergoda untuk melakukan kemaksiatan dalam perjalanan, baik itu perjalanan travelling, pendakian atau segala hal.

“Ringankanlah perjalanan kami,” maksudnya meminta perlindungan dari Allah dari beban perjalanan. Sedangkan “Dekatkanlah jarak yang jauh,” yakni permohonan agar perjalanan jauh yang sedang ditempuh serasa dekat serta dapat menikmati setiap jengkal perjalanan yang dilalui.

“Kawan dalam perjalanan,” mempunyai maksud bahwa Allah senantiasa bersama hamba-Nya dimanapun mereka berada. Dan “Pengganti dalam keluarga” yakni menitipkan anggota keluarga kepada Allah agar mereka selalu dijaga selama dia berada disaat bepergian.

Begitulah kawan do’a menjelang bepergian yang jangan sampai kita lupakan, agar travelling kita terasa nikmat, indah dan berbarokah. (Zakhi)

Bagikan! Bagikan! Bagikan! Bagikan!

About Kontributor Moslemzone

0 comments:

Post a Comment